Skip to content

PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

January 3, 2011

Penelitian ini dilakukan secara kolaborasi antara kepala sekolah, guru matematika, siswa dan peneliti. PTK ini bersifat praktis, situasional dan kondisional berdasarkan permasalahan yang muncul dalam pembelajaran di sekolah. Jenis penelitian ini menawarkan inovasi belajar yang lebih efektif. Dampak tersebut dapat diwujudkan dalam bentuk peningkatan daya kreativitas siswa dalam memecahkan persoalan matematika di kelas dan peningkatan prestasi belajar siswa.

PTK bercirikan perbaikan terus menerus sehingga keberhasilan peneliti sering menjadi tolak ukur keberhasilan (dihentikannya) siklus-siklus tersebut. Kemudian biasanya muncul permasalahan setelah dilakukan refleksi yang mencakup analisa, sintesa dan penilaian terhadap hasil pengamatan serta hasil tindakan sehingga pada gilirannya perlu dilakukan perancangan ulang.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: